Bunga Anggrek Tidak Mekar? Bisa Jadi Ini 8 Penyebabnya!

Back to Blog

Bunga Anggrek Tidak Mekar? Bisa Jadi Ini 8 Penyebabnya!

Bunga anggrek ataupun orchidaceae ialah salah satu tumbuhan hias yang sangat banyak diminati. Wujud dan rupanya yang mempesona menjadikan buket bunga anggrek salah satu primadona untuk pecinta tumbuhan hias di Indonesia.
Tetapi, mengerti kah Kamu, bila harga buket bunga anggrek lumayan mahal disbanding dengan bunga yang lain? Yup! perihal itu diakibatkan sebab bunga anggreklumayan agak susah buat di tanam.

Tidak cuma itu, bila Kamu merupakan pecinta bunga anggrek serta sempat berupaya menanamnya tentu hendak ketahui betapa lamanya buat dapat memandang bunga kesayangan Kamu berbunga.
Ataupun bisa jadi saja, bunga anggrek yang Kamu tunggu hendak mati, kalaupun tidak, umumnya bunga anggrek tidak berbunga kembali semacam dikala dibeli di toko bunga Jakarta.
Sama semacam halnya dengan menjaga anak, buatnya berbunga sesering bisa jadi merupakan pekerjaan yang sangat susah, memerlukan ketelatenan serta kesabaran.
Nah, kali ini Kamu tidak butuh ragu buat membeli tumbuhan hias anggrek bagaikan bunga meja ataupun buket bunga buat menghias ruangan di rumah. Kamu dapat mencari ketahui metode menjaga bunga anggrek di novel ataupun internet.

Baca juga: Arti Warna Bunga Anggrek

Tetapi saat sebelum itu, hendaknya Kamu mengenali pemicu bunga anggrek Kamu tidak berbunga. Outerbloom. com sudah merangkum 8 pemicu bunga anggrek susah berbunga buat Kamu, ladies. Cek datanya disini! Grande Midnight Hand Bouquet- Fiery Red

  1. Kurang Cahaya Matahari
    Salah satu metode menjaga bunga anggrek merupakan meletakkannya di tempat yang dapat terserang cahaya matahari sepanjang 12 jam. Buat itu Kamu memanglah wajib betul- betul diletakkan anggrek di tempat yang terbuka serta diberi paranet dengan kerapatan yang cocok.
    Bila Kamu meletakan anggrek di tempat yang tidak sering terserang cahaya matahari, hingga dapat ditentukan anggrek hendak kurang mekar. Tetapi jangan takut, Kamu dapat mengatasinya dengan melaksanakan penyinaran buatan memakai lampu TL buat menanggulangi kekurangan penyinaran.
  2. Sangat banyak terserang cahaya matahari
    Kekurangan cahaya matahari memanglah dapat membuat anggrek kurang mekar sempurna. Tetapi kelebihan cahaya matahari pula dapat membuat anggrek kurang mekar serta daunnya bercorak kekuningan.
    Tidak cuma itu, anggrek pula dapat kering. Jangan dibiarkan, karena anggrek yang memperoleh sangat banyak cahaya matahari jadi kurang produktif sehingga susah berbunga. Hingga dari itu, bila Kamu mau membuat bunga meja dari tumbuhan anggrek sendiri, yakinkan penyinarannya benar ya.
  3. Kekurangan Air
    Untuk Kamu pecinta tumbuhan anggrek hias, butuh dikenal tumbuhan anggrek pula sangat memerlukan air semacam manusia. Sebab itu siramlah tumbuhan anggrek Kamu sebanyak 2 kali dalam satu hari bila cuaca panas.
    Adapaun waktu yang baik buat melaksanakan penyiraman ialah dekat jam 07. 00– 09. 00 serta pada sore hari 15. 00- 17. 00. Supaya tumbuhan tidak kering, Kamu bisa mengakalinya dengan meletakan anggrek di tempat teduh serta memakai media tanam yang meresap banyak air.
  4. Sangat banyak Air
    Sangat banyak air ataupun overwatering ini kerap terjalin. Disadari maupun tidak, perihal ini kerap terjalin kala masa hujan. Memanglah tumbuhan anggrek ini memerlukan kelembapan, tetapi bukan berarti perlu air yang kelewatan.
    Kebutuhan air pada tumbuhan anggrek wajib terkendali sebab overwatering berbahaya sangat merugikan, semacam membusuknya tunas- tunas pangkal, terdapatnya perkembangan jamur serta kuman yang dapat membuat kuncup- kuncup bunga rontok, serta banyaknya lumut yang mengganggu media tanam.
    Perihal ini butuh dicermati karna sangat disayangkan apabila tumbuhan anggrek yang lama sudh ditunggu bunganya hendak mati cuma sebab kelebihan kandungan air.
  5. Pergantian Temperatur/ Iklim
    Aspek berikutnya yang bisa membuat anggrek kurang mekar merupakan pergantian temperatur. ataupun iklam. Pergantian secara ekstrem yang tiba- tiba bisa menimbulkan pergantian fisiologis secara tiba- tiba semacam menyusutnya aktivtas enzimitas dalam badan tumbuhan anggrek.
    Bukan perihal sepele, turunnya kegiatan enzimitas ini bisa memunculkan dampak“ tekanan pikiran” pada tumbuhan anggrek Kamu, sehingga bermacam indikasi semacam tunas- tunas calon bunga hendak rontok.
    Perihal ini pula yang menimbulkan tumbuhan anggrek Kamu hendak susah berbunga bila terus menerus hadapi pergantian temperatur yang ekstrem.
  6. Membagikan Pupuk
    Pemberian pupuk yang salah ialah aspek pemicu kenapa anggrek Kamu tidak berunga. Berilah pupuk yang besar faktor hara. Salah satu metode yang dapat Kamu jalani buat membagikan pupuk, ialah melalui penyemprotan. Pemberian ZPT ataupun hormon yang dicampurkan dengan air kelapa dalam penyemprotan dapat merangsang anggrek Kamu buat berbunga lebih kilat.
  7. Wadah yang sangat kecil
    Bila wadah tumbuhan anggrek Kamu telah padat dengan tunas baru ataupun wadah telah tidak lumayan menampung pangkal yang telah terus menjadi membengkak serta lingkungan. Hendaknya Kamu mengubah wadah tersebut dengan yang lebih besar dengan sesegera bisa jadi.
    Kamu dapat memakai wadah/ pot yang dibuat dari tanah liat disbanding wadah plastik, sebab wadah tanah liat mempunyai lubang drainase yang baik dari bagian sisi serta bawahnya.
  8. Media Tanam
    Alangkah baiknya bila Kamu mencari ketahui media tanam yang pas buat tumbuhan anggrek Kamu. Tetapi umumnya, media tanam yang digunakan merupakan perpaduan antara potogan batu bata ataupun genteng serta tumbuhan pakis.
    Perbandingan yang dapat Kamu pakai merupakan 1/ 3 bagian dasar merupakan potongan bata. Sedangkan itu, 2/ 3 yang lain diisi dengan tumbuhan pakis.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Blog
Call Now Button